PROPOSAL INVESTASI DI APARTEMEN SYARIAH

PROPOSAL INVESTASI

Mukadimah
Bismillah,
Apartment Vida View Makassar, terletak di Jl. Topaz Raya, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, adalah sebuah apartment yang berada pada lokasi strategis di kota Makassar. Saya adalah salah satu pemilik apartment disana, saya hanya membeli 1 unit, posisinya berada di lantai 15R, Tower Brenstville dengan type studio (tidak pakai kamar seperti pada hotel). Saya membeli apartment tersebut dengan tujuan untuk disewakan, namun konsep yang saya usung adalah apartment syariah.

Latar Belakang
“Dzun Nurain” adalah label yang akan saya gunakan dalam memasarkan apartment syariah ini. Ada sejumlah lokasi pembangunan apartment di kota Makassar saat ini, namun pada lokasi ini memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya :

1. Apartment sudah siap huni.
2. Lokasinya dekat dengan pusat kuliner, pusat nongkrong, pusat bisnis, dan pusat perbelanjaan (beberpa restoran, cafe, warung makan, distro, bank, pasar segar, ramayana, dan mall).
3. Viewnya yang sangat elok (metropolitan).
4. Fasilitas yang lengkap (gazebo, taman bunga, halaman rumput, gedung multiguna, beberapa kolam renang, dan tempat gym).

Mengapa konsepnya harus syariah?
Sebab di Makassar sendiri, boleh jadi ini adalah apartment pertama yang mengusung konsep syariah. Namun tujuan utama saya adalah karena mencari berkahnya. Apartment ini dibiayai dari bank syariah, serta dilakukan akad secara syariah demi mencari ridho Allah Ta’ala, sehingga apartment ini sangat dijauhkan dari kemudaratan. Harapannya adalah aparment ini dapat menjadi amal jariyah bagi semua pemodal.

Pokok Bahasan
Apa yang dimaksud apartment syariah?
Apartment syariah adalah apartment yang disewakan kepada individu, atau beberapa orang yang menginap dalam 1 ruangan dalam batasan-batasan hubungan kemanusiaan yang sesuai dengan syariat yang diperbolehkan agama, baik hubungan nasab keluarga, pertemanan, kolega bisnis, dan lain sebagainya. Selain itu, konsep interiornya membawa nuansa islami kepada para penyewa, dengan dekorasi-dekorasi yang identik dengan Islam, diantaranya seperti fasilitas makanan yang halal, buku-buku islami, video, atau film dokumenter islam untuk dewasa, dan anak-anak, poster tokoh-tokoh pejuang Islam, poster artikel islami yang dapat menambah wawasan penyewa terhadap syariat-syariat agama Islam, Al-Qur’an, Al-Hadits, serta kitab-kitab lainnya yang semuanya akan sangat memudahkan penyewa dalam mendalami tuntunan-tuntunan Islam. Melalui apartment ini, penyewa tidak hanya dapat menikmati liburan dengan berenang, bermain, dan berolahraga saja, namun juga dapat memberi edukasi dalam menambah khazanah ilmu agama Islam.

Siapa saja yang dapat menyewa apartment ini?
1. Perorangan / individu
2. Pasangan Halal (suami istri)
3. Saudara Kandung
4. Keluarga nasab langsung (sepupu, ponakan, tante, om, dll)
5. Teman mahrom (bukan untuk kelainan pasangan sejenis)

Bagaimana syarat-syarat dalam menyewa apartment ini?
Seperti pada umumnya, syaratnya adalah melakukan pembayaran lunas dimuka, kemudian menyerahkan berkas-berkas sebagai jaminan berupa,
1. Buku Nikah Asli
2. KTP Asli
3. KK Asli
Berkas tersebut wajib disiapkan bagi semua tamu yang menginap. Berkas tersebut akan menjadi tanggung jawab kami apabila ada kehilangan, atau kerusakan. Dan berkas dikembalikan setelah penyewa melakukan proses check out. Untuk paket sewa 1 hari, maka waktu check in mulai dari jam 2 siang, dan waktu check out adalah maksimal jam 12 siang untuk keesokan harinya.

Apakah apartment ini hanya untuk orang muslim?
Meskipun nuansa ruangannya identik ala-ala muslim, namun apartment ini sangat terbuka untuk semua penganut keyakinan lain, selama siap dengan persyaratan yang ditetapkan.

Apa saja pilihan sewanya?
Apartment ini menawarkan berbagai opsi dalam memilih jenis pelayanan sesuai budget, atau sesuai kebutuhan.
1. Apartment ini bisa disewa per 5 jam.
2. Ada pilihan set ruangan Standard, Deluxe, dan Superior yang memiliki harga sewa berbeda-beda sesuai dengan kelengkapan fasilitas dari tipe masing-masing set ruangan.
3. Tersedia pilihan sewa harian, mingguan, dan bulanan.
4. Tersedia pilihan sewa all in (ruangan dan semua fasilitas apartment), atau sekedar pilihan Pool & Gym only (hanya akses kolam renang, dan tempat gym), serta pilihan hanya akses kolam renang saja, atau hanya akses tempat gym saja.
5. Tersedia pilihan sewa 3 jam saja untuk akses kolam renang, atau tempat gym, atau keduanya.

Berapa nilai sewanya?
Berdasarkan perhitungan saya untuk HPP semua fasilitas yang ditawarkan, maka akan dipasarkan dengan beberapa pilihan harga sehingga penyewa dapat menyesuaikan budget mereka dengan fasilitas yang tersedia, adalah sebagai berikut:
1. Untuk sewa apartment, harga mulai dari 200.000 sd 750.000
2. Untuk sewa akses kolam renang, atau tempat gym, atau keduanya mulai dari 25.000 sd 75.000

Sistem investasi,dan bagi hasil
Berdasarkan pemaparan di atas, maka saya membutuhkan sejumlah dana untuk merenovasi interior apartment ini, sebab saya membelinya dalam keadaan kosong. Apartment ini, Insya Allah ditargetkan siap huni pada November/Desember 2019, maka saya memiliki waktu untuk merenovasinya dalam waktu paling cepat 1 bulan.
Saya membutuhkan anggaran sejumlah Rp 100.000.000 untuk memnuhi kebutuhan interior apartment yang terdiri dari,
1. Interior ruangan berupa pewangi ruangan, wallpaper, lemari, rak, meja, dipan, dapur, dan toilet.
2. Fasilitas berupa TV, PC, audio, CCTV, konsol game, kursi pijat otomatis, kulkas, rice cooker, dispenser, kasur, dan mesin pengering pakaian.
3. Aksesoris berupa poster, buku, kitab, kelengkapan mandi, sendal ruangan, kelengkapan dapur, dll.
4. Bahan makanan untuk tamu seperti mie instant, sosis, buah-buahan, ikan, ayam, dll.
5. Advertisement berupa brosur, administrasi fanspage, biaya sponsor, dan iklan-iklan lainnya.

Dana tersebut saya bagi menjadi 3 paket investasi, dan perhitungan sahamnya sebagai berikut :

1. Investasi ini dijalankan selama 1 tahun (12 bulan), yang keuntungannya dibagikan setiap bulan, dan apabila telah memasuki masa 12 bulan, setiap investor bisa memutuskan untuk menarik dananya, atau melanjutkan investasinya (sesuai kesepakatan bersama). Bagi hasil yang dihitung hanya dari penjualan sewa ruangan, tidak termasuk akses kolam renang, atau tempat gym saja, atau keduanya. Ketika investasi telah ditarik, maka hubungan investor dengan saya telah selesai dalam investasi ini, sehingga tidak ada lagi bagi hasil selanjutnya.

2. Fasilitas bagi investor adalah, dengan investasi 1/4 paket maka investor memiliki hak untuk 2 orang selama 5 jam dalam 1 bulan di apartment ini, semua fasilitasnya sudah all in (akses kolam renang dan gym), dan harinya dapat diminta kepada saya sesuai dengan jadwal sewa yang kosong. Paket yang diterima adalah dengan set biasa yaitu set ruangan standar yang senilai Rp 200.000 per 5 jam, atau umumnya Rp 350.000/malam.

3. Bila investor mengambil 1/2 paket maka investor memiliki hak nginap untuk 2 orang selama 1 malam dalam 1 bulan di apartment ini, semua fasilitasnya sudah all in (akses kolam renang dan gym), dan hari nginapnya dapat diminta kepada saya sesuai dengan jadwal sewa yang kosong. Paket nginap yang diterima adalah dengan set medium yaitu set ruangan deluxe yang senilai Rp 500.000/malam.

4. Bila investor mengambil 1 paket maka investor memiliki hak nginap untuk 2 orang selama 2 malam dalam 1 bulan di apartment ini (bisa 2 malam berturut-turut, bisa juga terpisah di hari lain), semua fasilitasnya sudah all in (akses kolam renang dan gym), dan hari nginapnya dapat diminta kepada saya sesuai dengan jadwal sewa yang kosong. Paket nginap yang diterima adalah dengan set paling mewah yaitu set ruangan superior yang senilai Rp 750.000/malam, sehingga total keuntungan yang diterima investor dalam bentuk nontunai adalah sebesar Rp 1.500.000 untuk 2 malam.

5. Investor dapat memberikan jatah nginapnya kepada keluarga, teman, kolega bisnis, atau kerabatnya dengan ketentuan wajib mengikuti persyaratan yang ditetapkan. Bila investor tidak menggunakan jatah nginapnya dalam 1 bulan, maka jatah tersebut dinyatakan hangus, dan tidak dapat diganti di bulan lain.

6. Perhitungan saham adalah sesuai dengan jumlah dana yang dimasukkan, dalam hal ini, saya selaku pemilik memasukkan dana sejumlah:
DP = 25.515.000
BY. AKAD BANK = 9.605.503
SALDO PEMBUKAAN REKENING = 50.000
BY. NOTARIS = 9.859.813
BEA MATERAI 7.000 x 17 = 119.000
ANGSURAN SELAMA 1 TAHUN 12 x 5.975.082 = 71.700.984
TOTAL INVESTASI PAK IRSAN = 116.850.300

7. Karena saya membutuhkan modal tambahan senilai 100jt, maka total modal yang nantinya terkumpul adalah senilai 216.850.300. Dan jumlah saham adalah sesuai dengan jumlah dana yang anda masukkan, perhitungan saham setiap orang adalah sebagai berikut ;
Modal yg disetor / Modal yg terkumpul x 100%, jadi…
Saham saya adalah 116.850.300 / 216.850.300 x 100% = 53,9%.
Demikian saham anda, misal anda masukkan 1/4 paket maka : 6.250.000 / 216.850.300 x 100% = 2,9%, bila anda masukkan 1/2 paket maka : 12.500.000 / 216.850.300 x 100% = 5,8%, sedangkan bila anda masukkan 1 paket maka : 25.000.000 / 216.850.300 x 100% = 11,6%

8. Menariknya, sistem bagi hasil yang nantinya saya terapkan adalah berdasarkan total omset, bukan dari nilai laba bersih. Dengan begini, bagi hasil terhadap investor jadi lebih maksimal jumlahnya. Contoh, bila dalam sebulan total omset adalah 5.000.000 maka saya akan memperoleh bagi hasil sejumlah 53,9% dari 5.000.000 = 2.695.000, dan yang 1/4 paket menerima 2,9% dari 5.000.000 = 145.000, yang 1/2 paket menerima 5,8% dari 5.000.000 = 290.000, sedangkan yang 1 paket menerima 11,6% dari 5.000.000 = 580.000

9. Adapun biaya refill kebutuhan apartment bagi penyewa akan menjadi beban, dan tanggung jawab saya sendiri

10. Insya Allah, bagi hasil dapat segera dijalankan begitu apartment sudah rampung, dengan target bulan November/Desember 2019 ini. Makin cepat dana terkumpul, maka makin cepat interior diisi, dan makin cepat pula untuk bisa dihuni/disewakan

Penutup
Silahkan dipertimbangkan, semoga dapat menjadi pilihan terbaik bagi solusi pemanfaatan dana anda. Bila anda ingin berbincang lebih lanjut, silahkan temui saya dengan membuat janji temu, atau hubungi di kontak saya, WA 08114442610.

Wassalam.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *