tahukah anda?

Sablon, Apa yang dimaksud dengan sablon?

.

Sablon atau cetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar Nylon atau sutra (silk screen). Layar ini kemudian diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat sebelumnya di kertas hvs atau kalkir. Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi fotoresis dan disinari, maka harus disiram air agar pola terlihat lalu akan terbentuk bagian-bagian yang bisa dilalui tinta dan tidak.

Proses pengerjaannya adalah dengan menuangkan tinta di atas layar dan kemudian disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Satu layar digunakan untuk satu warna. Sedangkan untuk membuat beberapa warna dalam satu desain harus menggunakan suatu alat agar presisi.

Cetak saring ini sering disebut Sablon. Biasanya digunakan untuk mencetak gambar di dimensi datar seperti kain. Teknik sablon sering digunakan di konveksi.

Namun Tahukah Anda siapa penemu tekhnik cetak sablon ini?

Banyak artikel-artikel yang kami telusuri pada situs goegle tentang hal tersebut. tetap saja mengarah pada Miyasaki dan Zisukeo Mirose. ternyata teknik sablon pertama kali dikenalkan dinegeri sakura yaitu jepang. 
Miyasaki dan Zisukeo Mirose melakukan penyablonan pada baju kimono, baju tradisional orang jepang sana. penemuan ini tercatat kira-kira pada tahun 1664, setelah banyak melakukan perkembangan dan perkenalan sampai lah teknik ini didaratan benua eropa pada tahun 1907. nama Samuel Simon seorang kebangsaan inggris yang lebih dikenal banyak melakukan terobasan dalam dunia sablon. termasuk dalam pemakaian obat dan tinta sablon seperti yang kita kenal seperti sekarang ini.

Mau sablon? yuk langsung ke Rajanya! πŸ™‚

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *