MANAJEMEN ASET (CPU)

Kelihatan sepele, tapi percayalah ini hal yang sangat besar manfaatnya. CPU (Central Processing Unit) adalah komponen yang sangat banyak digunakan dalam sebuah usaha, bukan hanya di industri percetakan, bahkan di sektor bisnis lain, hingga ke pemerintahan selalu membutuhkan komputer dalam menjalankan unit usaha masing-masing. Sayangnya, CPU menjadi komponen yang terabaikan. Lihat diri anda, seberapa banyak anda meluangkan waktu untuk melakukan maintenance atau perawatan terhadap CPU anda? Apakah pernah, atau jarang sekali?

 

Padahal, CPU memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola unit usaha. Pendataan barang, koneksi ke jaringan, melakukan print out data, membuat desain grafis, dan lain sebagainya semua itu akan lumpuh bila CPU kita mengalami trouble. Maka, sudah waktunya merubah pola kebiasaan kita. Komponen ini seharusnya mendapat perhatian yang lebih.

 

Saya sendiri melakukan perawatan sederhana seperti pembersihan dari debu sebulan sekali. Cukup dengan mencari bengkel terdekat, lalu saya meminta jasa kompresor anginnya untuk mengeluarkan debu-debu yang banyak melekat di dalam CPU. Dua komputer dibayar goceng sudah cukup bagi si empunya bengkel. Sebentar aja kok, 3 sampai dengan 5 menit, dan CPU anda bisa bekerja dengan baik lagi. Selain itu ada beberapa pembersihan data yang saya lakukan pada komputer saya dengan menghapus beberapa file yang sudah tidak penting, termasuk riwayat-riwayat data yang diakses, file sampah pada recycle bin, memindahkan data-data penting dari direktori C atau sistem, dan mengatur atau menyusun ulang file yang berantakan. Hal ini rutin saya lakukan demi menjaga stabilitas CPU-CPU saya.

 

Dalam usaha ada yang disebut manajemen aset, yaitu kemampuan sebuah usaha dalam menjaga aset-asetnya sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama, hal ini dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran demi memaksimalkan laba. Perawatan seperti ini termasuk dalam manajemen aset, bagaimanapun CPU adalah komponen vital dalam sebuah usaha, bila mengalami trouble, tidak ada alternatif yang bisa menggantikannya sehingga kita harus tetap mengeluarkan biaya untuk melakukan perbaikan.

 

Jadi mulai sekrang, buat kebiasaan melakukan manajemen aset, tetapkan jadwal untuk perawatan aset-aset anda agar tidak menimbulkan biaya perbaikan yang tinggi.

Sudahkah anda membersihkan CPu anda hari ini?

Tagged , ,

2 thoughts on “MANAJEMEN ASET (CPU)

  1. apakah manfaat dari CPU ?

    1. CPU itu ibarat otaknya komputer gan, tanpa CPU komputer gak akan bisa apa2… πŸ™‚
      nah manfaat CPU bg komputer itu, sperti manfaat otak bgi manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *