KISAH TUKANG LEDENG JADI MANAJER

Cerita Inspiratif
Berdasarkan kisah nyata.
(Narasi oleh Irsan Kadri)

 

Seorang tukang ledeng bernama Crhistopher. Suatu ketika, mendapat telpon dr Pak Ben, pelanggan baru yang mendapat rekomendasi dari temannya agar menghubungi Pak Chris untuk memperbaiki keran airnya yang bocor di rumah. Temannya mengatakan bahwa tukang ledeng yang satu ini bisa diandalkan.

 

Pak Ben kemudian menghubungi dan mengatakan bahwa keran airnya harus segera diperbaiki karena Ia khawatir anaknya bisa terpeleset. Namun ternyata sang tukang ledeng sedang memiliki banyak pekerjaan dan baru bisa datang 2 hari lagi. Tapi ia sempat berkata kepada Pak Ben, “bila bapak tidak bersedia untuk menunggu, saya bisa alihkan bapak ke teman saya yang lain, yang saya bisa jamin kualitas kerjanya.” Pak Ben berfikir, baik betul orang ini sampai ikhlas berbagi rejeki dengan teman seprofesinya.

 

Akhirnya Pak Ben memutuskn untuk menunggu selama 2 hari ke depan. “Terimakasih pak atas kesediaannya menunggu”, ucap Pak Chris, si tukang ledeng. Keesokan harinya, sang tukang ledeng menghubungi Pak Ben, sekadar menyampaikan terima kasih karena sudah bersedia menunggu satu hari lagi. “Terima kasih pak sudah bersedia menunggu 1 hari lagi, semoga besok tidak ada halangan bagi saya untuk berkunjung ke kediaman bapak.” Pak Ben pun terkesan atas pelayanan dan cara berbicara sang tukang ledeng tersebut.

 

Pada hari yang disepakati, datanglah si tukang ledeng ke rumah Pak Ben untuk memperbaiki keran yang bocor. Setelah utak-atik sana-sini, keran pun selesai diperbaiki dan tukang ledeng itu pamit setelah menerima pembayaran atas jasanya. “Bila ada masalah, bapak jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi saya. Saya garansikan semua biaya perbaikan gratis pak.” Ucap pak Chris.

 

Sekitar 2 minggu setelah itu, tukang ledeng kembali menghubungi Pak Ben sekadar menanyakan apakah keran yang diperbaiki sudah benar-benar beres atau masih timbul masalah? “Keran airnya sudah benar-benar beres Pak. Sejauh ini tdk ada masalah. Terima kasih sekali lagi” Ucap Pak Ben.

 

Pak Ben berpikir orang ini luar biasa. Walaupun cuma tukang ledeng, tetapi begitu memperhatikan kepuasan pelanggannya. Beberapa bulan kemudian, Pak Chris menerima surat. Sebuah surat yang mengajaknya untuk bekerja di sebuah perusahaan. Ini menarik, kalau kebanyakan orang mengirim surat utk melamar pekerjaan, Pak Chris justru mendapat surat yang menawarinya pekerjaan.

 

Ternyata surat itu dari Pak Ben, yang karena kepuasan atas pelayanannya, Ia mengajak Pak Chris untuk bekerja di perusahaannya. Namun bukan sebagai tukang ledeng, melainkan sebagai Tim dalam kepuasan pelanggan (costumer satisfaction).

 

Tentu saja si tukang ledeng ini sangat bahagia dan menerima pekerjaan tersebut dengan bangga. Ia yang bernama lengkap Christopher L. Jr. Kini menjabat sebagai General Manager di Customer-Satisfaction and Public Relation pada perusahaan Pak Ben yang bekerja untuk mengurusi customer Pak Ben dengan tujuan utama agar pelanggan puas atas pelayanan perusahaannya.

 

Dan anda tahu siapa Pak Ben? Dia adalah pimpinan salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. Mr. Benz dr Mercedes Benz.

Gambar pria dalam kotak merah adalah Christopher L. Jr.

***

Point :

  • Apapun usaha anda, ini tentang pelayanan ke pelanggan!
  • Pelayanan yang baik dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.
  • Selalu ada dampak yang besar dari sebuah pelayanan yang baik.

 

 

 

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *